Perilaku
konsumen
Faktor –faktor yang mempengaruhi
keputusan membeli
Tujuan kegiatan pemasaran adalah mempengaruhi pembeli untuk bersedia
membeli/menggunakan produk/barang/jasa yang di tawarkan (saat mereka
membutuhkan)
Hal
ini penting diketahui seorang manajer/tenaga pemasaran untuk memahami : mengapa
dan bagaimanakah tingkah laku konsumen
tersebut demikian/seperti itu... jika perusahaan /kita tahu akan tingkah
laku pembeli/konsumen maka dapat dengan
mudah untuk :
a.
Mempromosikan
b.
Mendistribusikan
c.
Menentukan harga
d.
Mengembangkan produk
Faktor
faktor yang mempengaruhi keputusan pembeli
sangat beragam dan alasan kompleks:
Diantaranya:
1.
Kebudayaan/adat
2.
Kalas sosial/pendapatan/jabatan
3.
Lingkungan /komunitas kecil
4.
Keluarga
5.
Kepribadian
6.
Sikap dan kepercayaan
7.
Konsep diri
8.
Pengalaman
Selain
itu juga di perlukan suatu proses dan
waktu
1.
Kebudayaan/adat
Kebudayaan
adalah simbol dan fakta yang komplek yang di ciptakan oleh manusia dengan
proses waktu , diturunkan dari generasi ke generasi sebagai penentu dan pengatur
pola tingkah laku manusia dalam masyarakat yang ada
Simbol
bersifat kentara: karya seni, pakaian, alat alat kesaharian, rumah, karya seni,
makanan
Simbol
tak kentara : sikap, pendapat, nilai nilai budi pekeri, bahasa, agama
Seiring
kemajuan jaman ada perkembangan jaman sesuai kebudayaannya
2.
Kalas sosial/pendapatan/jabatan
Faktor
sosial dapat di bedakan berdasar tingkat pendapatan, model perumahan/tempat
tinggal, kendaraan. Dan dapat di
golongkan menjadi :
Golongan
atas : pejabat tinggi dan
pengusaha kaya/berhasil
Golongan
menengah : karyawan/pegawai instansi
pemerintah dan karyawan tetap perusahaan besar, penguasaha menengah, pedagang
besar/grosir dll
Golongan
rendah : karyawan /buruh pabrik,
pedagang kecil, tukang-tukang, honor harian dll.
3.
Lingkungan /komunitas kecil
Dalam
suatu komunitas ada rasa tolerasni/kebersamaan, atau persaingan dll . yang
termasuk kelompok ini seperti perkumpulan profesi(buruh, pedagang pasar),
agama, lingkungan tetangga, satu instansi, satu perusahaan. Satu sekolahan, dll
4.
Keluarga
Dalam
keluarga banyak keinginan: untuk kelompok umur, anak anak, remaja, dewasa ,
janda duda, pengantin baru, berbeda dalam penentuan produk dan keinginan serta
kebutuhan.
5.
Kepribadian
Masyarakat
dengan berbagai kepribadian diantaranya berdasar yaitu:
Kegiatan
aktivitas keseharian, pekerjaan,, minat, karakter pribadi
6.
Sikap dan kepercayaan
Kepercayaan
mempengaruhi sikap dan sikap berpengaruh terhadap sikap... saling berhubungan
dalam menentukan pembelian.
7.
Konsep diri
Merupakjan
cara seseorang untuk melihat , merasakan dan memahami tentang sesuatu hal. Jati diri seseorang dan
jiwa idealismenya pribadi atau orang
lain menjadi pertimbangan yg mempengaruhi untuk membeli sesuatu.
8.
Pengalaman
Dengan
pengalaman seseorang akan belajar dari produk/barang /jasa yang di peroleh
.......... dari pengamatan, memakai/menggunakan, merasakan nya... maka akan
menentukan seseorang untuk bertindak untuk membeli atau tidak
Tahapan
seseorang dalam proses pembelian/pemakaian jasa produk/barang yaitu
1.
Menganalisa keinginan dan kebutuhan (mendesak, pokok)
2.
Menilai sumber sumber dana yang ada (tunai /kredit)
3.
Menetapkan tujuan pembelian (primer, sekunder, tersier)
4.
Mengidentifikasi alternativ produk lain (perbandingan)
5.
Keputusan membeli
Motif
seseorang dalam membeli/mengguankan barang /jasa
a.
Harga
b.
Model /Kegunaan
c.
Merk/Garansi ayg ditawaarkan/bahan
d.
Toko/swalayan/mall/ gallery yang menarik
e.
Kemampuan tenaga pemasaran mempengaruhi
f.
Lokasi dan pelayanan baik
g.
sep wae lah...
BalasHapuskyok kertas binder ak seng mbok colong..